Gereja Pantekosta Serikat di Indonesia Jemaat Ungaran

Seri PPA (Pendalaman dan Praktek Alkitab) 006. Membiayai Perbuatan-Perbuatan Baik

PMDFO014

Buka dan Baca Alkitab Anda bersuara dari: Titus 2:11-14

Hafalkan ayat ini Ibrani 10:24 ‘Mari pertimbangkan bagaimana kita dapat berlomba satu sama lain dalam memajukan kasih dan perbuatan-perbuatan baik’.

Setelah itu diskusian ini Sebagai pribadi, pekerjaan baik apa yang anda percaya yang telah dipersiapkan oleh Tuhan bagi anda untuk anda kerjakan (Efesus 2:10)

Sesuatu Untuk dikerjakan sebelum pertemuan yang akan datang Dalam doa, tanyakan Tuhan supaya menyingkapkan perbuatan-perbuatan baik yang telah dipersiapkannya bagi anda

Tugas Tertulis diploma Tuliskan satu halaman mengapa tubuh Kristus harus membiayai perbuatan-perbuatan baik.

Renungkan kata-demi kata ayat ini Efesus 2:10

Kita lihat di pelajaran sebelumnya bahwsa apabila seseorang menjadi Kristen mereka memasuki Kerajaan Tuhan dan mendapatkan akses keistimewaan yang merupakan hak orang Kristen. Setelah membentuk bahwa Tuhan memberi kemakmuran kepada kita untuk memenuhi segala kebutuhan kita (bukan ketamakan kita), disini akan diungkapkan alasan kedua mengapa Tuhan mau membuat kita makmur, katakanlah, bahwa kita akan memiliki uang lebih untuk diinvestasikan dalam perbuatan-perbuatan baik dari KerajanNya. Ketika seseorang menjadi seorang Kristen, Roh Kudus datang dan tinggal bersamanya dan memimpin mereka sebagaimana dikatakan oleh firman berikut.

Yoh 14:17 ‘Tetapi engkau mengenalnya, karena dia tinggil bersama kamu dan ada di dalam kamu’

1 Korintus 6:19 ‘Tidakkah engkau tahu bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus, yang ada di dalam kamu’

Roma 8:11 ‘Dia yang membangkitkan Kristus dari kematian akan juga memberikan hidup kepada tubuh yang mati melalui rohnya, yang hidup di dalam kamu’

Sebagai hasil dipenuhi oleh Roh Kudus, ketika seorang menjadi seorang Kristen sifat mereka diubah ke dalam sifat ilahi Kristus sebagaimana Roh Kudus secara tetap mengarahkan orang itu bertindak seperti yang dilakukan oleh Kristus. Sebagai contoh,berbicara tentang Roh Kudus, Yesus sendiri berkata dalam Yoh 16:15 ‘Roh akan mengambil milikku dan memberitahukannya kepada kamu’. Karakter utama dari sifat ilahi bahwsa Roh Kudus akan mengilhami orang percaya berbuat kasih, karena Tuhan adalah kasih (1 Yoh 4:8). Kebenaran kasih ilahi ini diberikan kepada kita oleh Roh Kudus sebagaimana dikatakan dalam Roma 5:5

‘Tuhan telah menuangkan kasihnya ke dalam hati kita melalui Roh Kudus, kepada dia yang telah diberikan kepada kita’

Jadi perbedaan apa yang dibuat oleh kasih ilahi ini? Bagaimana akan seorang Kristen yang hidup dalam hidupnya yang sekarang dengan kasih ilahi bertinda berbeda dari orang yang bukan Kristen yang hidup dalam keterbatasan terbaik dari yang jatuh, jenis kasih manusia yang korupsi? Sebagai tanda kasih ilahi yang benar adalah bahwa itu selalu disertai dengan, dan diungkapkan oleh, perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan untuk memuliakan Tuhan dan menarik orang lain kepadaNya. Dengan cara yang sama bahwa benih yang baik ditaburkan di hati seseorang dan itu akan selalu menghasilkan buah, ketika kasih Tuhan ditanamkan di dalam hati seseorang itu akan selalu menghasilkan perbuatan-perbuatan yang baik. Faktanya, ketika anda membaca cepat Alkitab sehubungan dengan perbuatan-perbuatan baik anda akan menemukan bukan hanya kasih, tetapi iman dan hikmat akan juga menyebabkan seorang Kristen melakukan perbuatan-perbuatan baik.

Ibrani 10: 24 ‘Mari kita pertimbangkan bagaimana kita berlomba satu sama lain dalam kasih dan perbuatan-perbuatan baik

2 Tes 1:11 ‘Dengan kekuatannya semoga dia memenuhi setiap tujuan baik dari kamu dan setiap tindakan yang didorong oleh iman kamu’

Yakobus 3:13 ‘Siapa yang bijaksana dan mengerti di antara kamu? Biar dia menunjukkan itu dengan kehidupan yang baik, dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik dalam kebaikan yang datang dari hikmat

Dipastikan disana banyak kerinduan dari setiap orang Kristen untuk memuaskan kehendak yang diberikan oleh Tuhan untuk hidup dan bertindak dan melakukan perbuatan-perbuatan baik dan mengungkapkan kasih kemuliaan Tuhan dan menarik orang lain kepadaNya. Bukan hanya pribadi, sebagai tubuh kita membiayai dan melaksanakan perbuatan-perbuatan yang dapat kita selesaikan lebih banyak dengan bersama daripada kita semua bekerja dan melayani dengan diri sendiri dan milik kita sendiri. Kita akan menemukan sifat kita yang benar ketika kita melakukan tindakan-tindakan pribadi dan perbuatan-perbuatan baik dan menginvestasikan uang kita dalam penjangkauan tubuh yang mendemonstrasikan kasih Tuhan. Titus 2:14 adalah gambaran luar biasa yang menunjukkan bahwa Yesus telah ditebus kepada Bapa suatu suku orang-orang yang digunakan pada mulanya untuk berbuat dosa dan sihir, tetapi sekrang sangat senang melakukan perbuatan-perbuatan baik.

‘Yesus Kristus, yang memberikan dirinya sendiri kepada kita sebagai tebusan kita dari semua kedurhakaan berhala dan menyukikan untuk dirinya sendiri suatu orang yang menjadi miliknya sendiri, senang melakukan apa yang baik.’

Jadi, sejak setiap orang Kristen telah diberikan sifat yang suka dan senang melakukan perbuatan-perbuatan dan pekerjaan baik, Tuhan juga akan me. Faktanya, Tuhan begitu sangat cermat dan teliti dalam perencanaannya akan pekerjaan yang baik sehingga setiap anak-anaknya bekerja di dalamnya, sebelum dia menciptakan kita dalam kandungan ibu kita, dan faktanya sebelum dia menciptakan dunia, dia merencanakan dan merumuskan mereka. Karena Tuhan begitu lama mempersiapakan pekerjaan-pekerjaan baik sudahlah menjadi sewajarnya bagi kita menemukan apa rencana itu, melaksanakannya dan investasikan uang di dalamnya. Kutipan alkitab di bawah ini dari Efesus 2:10 menunjukkan misteri Tuhan yang mengenal kita dan merencanakan hidup kita sebelum kita lahir dan dipanggil menjadi anaknya untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik.

‘Karena kita adalah kawan sekerja Allah, diciptakan dalam Yesus Kristus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, yang telah dipersiapkan terlabih dahulu oleh Tuhan untuk kita kerjakan’.

Akhirnya, sebagaimana telah diberikan alasan di depan bahwa Tuhan meletakkan uang di tangan kita untuk memenuhi kebutuhan kita dan bukan ketamakan kita, dia juga akan meletakkan sejumlah uang di tangan kita untuk mendanai pekerjaan-pekerjaan baik yang dia inginkan kita tanggungjawabi. Alkitab di bawah ini diambil dari pelajaran besar tentang uang dalam keseluruhan Alkitab jelas menunjukkan kehendak Tuhan supaya kita makmur sehingga kita dapat membiayai pekerjaan-pekerjaan baik ini. Kita dapat menyimpulkan bahwa Tuhan yang sama yang telah meletakkan rohNya dalam kita, memberikan sifatnya kepada kita, memberikan kita suatu kehendak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, merencanakan pekerjaan-pekerjaan baik ini sebelum menciptakan dunia, juga akan melepaskan keuangan kepada kita untuk membiayai pekerjaan-pekerjaan baik ini.

2 Korintus 9:8 ‘Dan Tuhan mampu membuat semua anugerah tumpah kepada kamu, sehingga dalam setiap waktu dan dalam segala keadaan, mendapatkan semua yang kamu butuhkan, kamu akan berkelimpahan dalam setiap pekerjaan baik’.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s