Gereja Pantekosta Serikat di Indonesia Jemaat Ungaran

PENGUASAAN DIRI

Khotbah Hari/ tgl: Minggu, 26 September 2010

Pembicara: Ibu Gembala

Nats: 2 Petrus 1:6

Judul : Penguasaan Diri

Saudara, dalam nats ini dikatakan ada 3 kualitas yang harus dimiliki oleh anak – anak Tuhan, yaitu penguasaan diri, ketekunan dan kesalehan. Dalam Galatia 5:22-23 juga disebutkan 9 buah roh yang Tuhan ingin dihasilkan oleh anak – anakNya, kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, penguasaan diri.

Tuhan ingin kita mempunyai penguasaan diri dalam segala keadaan. Jangan hanya teringat akan Tuhan saat menghadapi masalah. Ingat, bukan setiap orang yang berseru ‘Tuhan Tuhan’ akan masuk kerajaan surga, melainkan yang melakukan kehendak Bapa.

Dengan sustu sudut pandang positif, iman yang teguh bisa membalikkan keadaan seburuk apapun di mata logika manusia. Dengan iman, masalah yang kita hadapi bukan lagi musibah, tetapi anugerah Tuhan. Jadilah seperti Ayub, yang tetap taat dan setia meskipun dalam pencobaan (Kisah Para Rasul 13:22). Apapun kebutuhan kita, Tuhan akan mencukupkan (Yohanes 15:7).

Seringkali, kita menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya, tapi Tuhan melihat hati (1 Samuel 16:7  Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati“).

Tujukanlah pandangan kita hanya pada Tuhan. Saat kita hidup sesuai kehendakNya, Ia akan memberikan segalanya bagi kita. Ia akan menyembuhkan segala penyakit, memberkati kita dan menjauhkan kita dari hal – hal buruk (Mazmur 107:20 disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur).

Amin, Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s